JIKALAU DUNIA MEMBENCI KAMU (3)


"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.(Yohanes 15:18)

Pengertian tentang dunia adalah  suatu tempat kita hidup, bumi dan segala isinya, lingkungan atau lapangan kehidupan. Akan tetapi pengertian dunia ini bukan hanya sebatas suatu tempat, teritorial (KBBI) tetapi pengertian dunia ini dapat dipahami orang-orang yang tidak percaya kepada Kristus. Jadi pengertian dunia ini berfokus pada sebuah individu-individu yang tidak percaya kepada Kristus.

Tema Berit minggu ini “Jikalau dunia membenci kamu” apa makna tema ini ? kita diingatkan akan perkataan Firman yang tertulis di dalam kitab suci  (1 Yohanes 3 :13 ) “ janganlah kamu heran, saudara-saudara apabila dunia membenci kamu “

Mengapa dunia membenci kita ?
1. Karena dunia tidak mau menerima Roh kebenaran ( Yohanes 14 : 17) “yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia ...”
2. Karena kita bukan dari dunia (Yohanes 15 :19 ) “Sekirannya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu “.
3. Karena dunia telah membenci Yesus ( Yohanes 17 : 14 ) “ Aku telah memberikan firman-MU kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia”
4. Karena dosa telah masuk kedalam dunia (Roma 5 : 12) “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang ...”

Lalu bagaimana kita harus hidup karena kita masih tinggal di dunia ini ?
1. Jangan bersahabat dengan dunia (Yakobus 4 :4 ) “...bahwa persahaban dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah ...”
2. Jangan serupa dengan dunia (Roma 12 : 2) “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia...”
3. Pergilah keseluruh dunia, beritakanlah Injil ( Markus 16:15 )“ lalu ia berkata kepada mereka,”pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil ke segala mahkluk.), (Matius 28 :18-20) ”...karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu...” (PS)

No comments:

Post a Comment