PERKATAAN YANG TEPAT (5)



“Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggang perak“ ( Amsal 25 : 11 )


Berit kita minggu ini berbicara tentang perkataan yang tepat. Ada beberapa point yang akan kita boleh renungkan berkenaan dengan tema perkataan yang tepat. 

1. Perkataan yang tepat itu berarti sesuai yang dibutuhkan sipendengar (Amsal 25:11a). Point pertama ini berbicara tentang penempatan atau ketepatan (kairos) dalam berkomunikasi, maka diperlukan hikmat Tuhan tentunya untuk bisa melihat dengan siapa kita berbicara, kondisi apa yang sedang ia rasakan dan kira-kita solusi apa yang ia butuhkan. Contoh: Ketika saudara kita jatuh dalam dosa pelanggaran yang kita lakuakan bukan untuk menghakimi atau membuat tembok pembatas,  tetapi yang perlu kita lakukan memberi solusi dengan cara menguatkan atau menghibur hatinya. 

2. Perkataan yang tepat berarti perkataan yang sedap didengar (Amsal 25:11b). Kecenderungan kita manusia lebih mudah mengucapkan kata-kata yang negatif sehingga seberapa sering kita melihat bahkan tanpa kita sadari orang bisa menjadi sakit hati terhadap kita akibat perkataan yang kita keluarkan dari mulut kita. Tetapi yang dimaksud dengan point kedua ini adalah:
Apel emas :digambarkan dalam Pemazmur ini sebagai perkataan yang indah bisa kosumsi, dicerna, dirasakan bahkan bisa mengenyangkan (memberi solusi).
Pinggan perak : digambarkan sebagai sebuah wadah (tempat) kemuliaan artinya bahwa perkataan kita mencerminkan kebenaran Firman Tuhan yang memberi kekuatan, menyegarkan jiwa, menyukakan hati, terlebih nama Tuhan yang dipermuliakan.

3. Perkataan yang tepat berarti menghindari pertikaian (Amsal 25:12). Orang yang menyukakan hati banyak orang adalah orang yang bijak dalam mempergunakan perkataan-perkataan yang di lontarkan setiap hari sehingga terhindar dari pertikaian (pertengkaran). Dalam ayat ini dijelaskan bahwa: teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk yang mendengar artinya bahwa kata-kata yang kita dikeluarkan adalah kata-kata yang penting  dan berharga sama seperti perhiasan yang mahal dalam arti membangun banyak orang.....(Be)