AMPUNILAH SEORANG AKAN YANG LAIN (6)


" Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 
 ( Kolose 3:13 )

Tema berit kita minggu ini membahas  tentang ampunilah seorang akan yang lain. Apa yang dimasud dengan ampunilah seorang akan yang lain?  Apa sebenarnya Rasul Paulus ingin sampaikan kepada jemaat yang ada di kota Kolose khususnya berkenaan tema berit kita minggu ini, maka ada beberapa poin yang saya tuliskan untuk boleh kita renungkan bersama dalam satu minggu ini.

a. Sabar menghadapi seorang akan yang lain: Saudara yang terkasih didalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, Di zaman sekarang ini tidak mudah menemukan orang yang sabar.  Banyak orang cenderung cepat-cepat dan sembarangan dalam mengerjakan segala sesuatu.  Atau ketika dalam masalah dan pergumulan, kita sering mendengar nasihat yang mengatakan,Yang sabar ya. Sebenarnya, apa itu kesabaran? Yang di maksudkan dalam ayat ini? Ketika orang lain marah, menyakiti atau berbuat jahat kepada kita, tanpa pikir panjang kita ingin segera memukul atau membalasnya.  Apa bedanya kita dengan orang dunia jika demikian?  Sebagai orang Kristen kita dituntut untuk memiliki kesabaran dan saling bersabar satu sama lainnya, sebab kesabaran adalah bagian dari kasih, dan kekristenan itu identik dengan kasih: "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong."  (1Korintus 13:4).

b. Mengampuni sama seperti Tuhan Mengampuni kita: Selain kita sabar terhadap satu dengan yang lain yang perlu kita lakukan selanjutnya mengampuni sama seperti Tuhan yang sudah mengampuni dosa kita, maka kita juga harus memberikan ampun/maaf kepada yang berbuat tidak baik pada kita. Cara mengampuni tidak ada cara lain selain perkenankanlah kasih (Kolose 3:14). Marilah kita belajar untuk mengampuni,supaya hati kita damai sejahtera dan gembira....(Be).