KEANGKUHAN MERENDAHKAN ORANG (4)



" Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian. (Amsal 29:23)


Keangkuhan tidak disadari banyak orang. Akibat kerugian dari seorang angkuh pun tidak disadari. Orientasi  pada pujian manusia, kehormatan, harga diri terlalu besar sehingga tidak merasa dirinya sedang menjadi seorang yang angkuh. Mari merenungkan ayat Firman Tuhan yang dapat mencelikkan mata setiap orang akan bahaya keangkuhan.

KEANGKUHAN MERENDAHKAN ORANG Amsal 29:23 Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian. Hal ini sangat banyak tidak disadari. Orang berpikir saat angkuh akan menambah wibawa dan harga diri, tetapi kenyataannya seseorang yang angkuh justru akan direndahkan oleh orang lain. Sama sekali  tidak ada keangkuhan yang meninggikan dan menjadikan seseorang lebih berharga.…kita harus sadari hal ini. 

KEANGKUHAN MENDATANGKAN CEMOOH Ams 11:2 ¶  Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmat ada pada orang yang rendah hati. Perhatikan bahwa keangkuhan bukan hanya urusan diri kita…tetapi berhubungan langsung dengan orang. Mereka  akan memandang sebelah mata, orang akan mencibir dan tidak suka dengan keangkuhan. Seringkali kita ingin menambah perkataan, menambah penampilan, menambah segala sesuatu agar orang lain memberi perhatian dengan pujian. Ingat bahwa keangkuhan hanya akan mendatangkan cemooh…

Hati-hati… Ayb 22:29  Karena Allah merendahkan orang yang angkuh tetapi menyelamatkan orang yang menundukkan kepala! Dan Ams 16:18   Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan. Amin. (LGS)

No comments:

Post a Comment