AMPUNILAH SEORANG AKAN YANG LAIN (4)

" Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.  ( Kolose 3:13 )

Mengampuni bukan kompromi dengan kesalahan, mengampuni juga bukan menganggap sesuatu tidak terjadi. Tetapi mengampuni adalah melupakan dan tidak mengingat lagi apa yang menyakitkan bagi kita. Tuhan memberi perintah didalam Firman Nya untuk mengampuni setiap orang yang bersalah tanpa terkecuali. Dan tanpa batas. Biarlah  kita mampu melatih diri terus-menerus mengampuni setiap orang yang  bersalah kepada kita.

MENGAMPUNI AKAN DIAMPUNI Mat 6:14  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Ini merupakan persyaratan doa memohon kepada Tuhan. Kuasa Doa dinyatakan pada saat kita mampu mengampuni seorag akan yang lain. Kalau kita mampu mengampuni, janji Tuhan kita juga akan diampuni, dan dilayakkan oleh Tuhan menerima segala berkat yang Tuhan sediakan.

MENGAMPUNI SEBAGAIMANA ALLAH TELAH MENGAMPUNI         Ef 4:32  Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. Tuhan memberikan contoh, teladan. Seharusnya kitalah yang menanggung semua dosa, tetapi Tuhan mengampuni dan Tuhan menggantikan kita yang seharusnya dihukum. Sedemikian besar teladan yang Tuhan berikan bagi kita, biarlah kita mampu meneladani Kristus dengan memberi  pengampunan bagi orang lain.

 MENGAMPUNI TIDAK TERBATAS Matius 18:21 Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" 22  Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. Cepat mengampuni merupakan salah satu cara mengampuni sebab kita sadar bahwa setiap orang punya kelemahan, maka kita sadari kelemahan orang dan ampunilah mereka agar kita tidak berdosa kepada Tuhan. Amin(LGS)

No comments:

Post a Comment