JIKALAU DUNIA MEMBENCI KAMU (6)


"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.(Yohanes 15:18)

Mengapa dunia ini membenci kamu? Sebab dunia ini disebut angkatan yang jahat (Kisah R. 2:40). Dan penguasa dunia ini adalah Si Iblis (Yakobus 4:4).  Jadi, ada 3 (tiga) yang menjadi musuh orang percaya yaitu:

1. Dunia. Orang Kristen yang bersahabat dengan dunia hidupnya akan menjadi najis karena kehilangan kasih Bapa di dalam hidupnya (I Yoh. 2:15). Hidupnya akan menderita seperti Lot (keponakan Abraham) yang tinggal di negeri Sodom dan Gomora, yang akhirnya negeri itu dimusnahkan oleh api. Dunia akan merampas  persahabatan kita orang percaya dengan Allah menjadi rusak. 

2. Hawa Nafsu itu adalah hidup kita yang lama yang cenderung untuk berbuat dosa yaitu keinginan daging yang belawanan dengan keinginan Roh. Kalau kita orang percaya mengikuti keinginan daging maka pikiran kita penuh dengan pikiran duniawi yang kembali hidup didalam dosa lagi. Jadi, hawa nafsu itu merampas kehidupan baru di dalam Kristus akibatnya kehidupan rohani kita menjadi kerdil (I Yohanes 2:16-17).

3. Iblis. Di dalam (I Petrus 5:8) yaitu musuh kita orang percaya berjalan keliling seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang mau ditelannya. Siapa yang mau ditelan oleh Iblis?. Yaitu orang yang sombong, orang yang merasa tidak butuh Tuhan, aku mampu sendiri, tidak perlu berdoa, tidak perlu ke gereja beribadah. Nah kalau sudah demikian ini adalah makanan empuk bagi si Iblis, karena orang yang seperti ini sama dengan memberi kesempatan hidupnya untuk menjadi tempat berpijak bagi Iblis. Di dalam Kejadian 3:5 Iblis memancing Hawa dengan kesombongan ”Kamu akan menjadi seperti Allah” supaya manusia dapat menentukan sendiri mana yang baik dan mana yang jahat. Akhirnya Adam dan Hawa jatuh dalam dosa. 
Yakobus 4:7-8 berkata: Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

Allah mau mendekat dengan kita apabila hidup kita kudus dihadapanNya. Rendahkanlah dirimu dihadapanNya dan bangunlah persahabatan dengan Dia pasti menang. Amin. BS

No comments:

Post a Comment