PERKATAAN YANG TEPAT (6)



Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggang perak“( Amsal 25 : 11 )

Salah satu anggota tubuh kita yang memiliki fungsi yang dominan yang berdampak pada seluruh eksistensi dalam sebuah kehidupan kita adalah mulut. Mulut merupakan suatu alat untuk makan untuk berucap, merangkai sebuah kalimat, mengeluh, bercerita, menyanyi, menghujat, memuji, mengolok dsb. Seluruh anatomi tubuh kita memiliki manfaat dan fungsi masing apabila anggota tubuh kita di pergunakan dengan sebaik-baiknya maka akan bermanfaat bagi hidup kita maupun orang lain, seperti apa yang tertulis di dalam judul berit minggu ini “ perkataan yang tepat“  Istilah “perkataan” dari kata dasar “Kata” barang apa yang dilahirkan dengan ucapan. ucapan dapat di artikan perkataan yang di ucapkan oleh seseorang (KBBI)

Mengapa kita harus berkata-kata yang baik ?
1. Perkataan untuk membangun  ( efesus 4 :29 ) 
2. Jadi teladan dalam perkataan ( 1 Timotius 4 : 12)
3. Memberi semangat yang baru ( Yesaya 40 : 4 )

Bagaimana kita harus berkata-kata ?
Tepat pada waktunya ( amsal 15 :23 ) mengapa? karena orang berpengetahuan menahan perkataan (amsal 17 :27 )
Contoh ilustrasi : pada suatu hari Tzu Chin bertanya pada Mencius seorang bijaksana itu, “ Guru, apakah oleh jumlah perkataan yang di ucapkannya seseorang menjadi mulia dan terhormat ?” bagaimana jawab Mencius yang bijaksana itu ? dia mengatakan, “ Katak itu bersuara keras siang dan malam, namun orang banyak menyumpahi dia dan tak ada perubahan apa-apa terhadap ucapannya itu. Tetapi lain halnya dengan ayam jantan yang hanya berkokok sekali saja waktu pagi-pagi buta. Segala sesuatu di langit dan di bumi ini mengalami perubahan pertanda pagi telah tiba “ yang penting bukan banyaknya perkataan tetapi” perkataan yang di ucapkan tepat pada waktunya “( H. sukandar ; 1987 ).

Sungguh alangkah baik dan indahnya perkataan yang di ucapkan tepat pada waktunya. Orang yang letih lesu dengan kehidupan ini membutuhkan dorongan yang memberikan kekuatan. Dikala ada orang yang salah arah mereka butuh kata teguran dan nasehat, mereka yang lemah membutuhkan kata-kata kekuatan, mereka yang jatuh membutuhkan kata-kata yang dapat bangun dan bangkit, mereka yang putus pengharapan membutuhkan kata-kata yang dapat memotifasi untuk sehingga memiliki pengharapan, bahkan mereka yang susah membutuhkan penghiburan. Amin. (PS)

No comments:

Post a Comment