KEANGKUHAN .... MERENDAHKAN ORANG ! (1)


" Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian. (Amsal 29:23)

Minggu ini Berit membahas tema berkenaan dengan “Keangkuhan Merendahkan Orang”. Dalam Kamus Indonesia kata “Keangkuhan” berasal dari kata “angkuh” yang berarti “tinggi hati” atau  “suka memandang rendah kepada orang lain” atau “sombong”. 
Alkitab menegaskan jika Tuhan itu sangat menentang orang-orang congkak!. (Yakobus 4:6b). Pemazmur Daud menegaskan, “...orang-orang yang berbuat congkak diganjarNya dengan tidak tanggung-tanggung” (Mazmur 31:24b). Bahkan Yesaya juga menyatakan “Sebab Tuhan semesta alam menetapkan suatu hari untuk menghukum semua yang congkak dan angkuh serta menghukum semua yang meninggikan diri, supaya direndahkan; ”(Yesaya 2:12). Seperti halnya dengan Lucifer...kecongkakannya membuat Tuhan menghukumnya!...Juga dengan Sodom, kecongkakannya menjadikan Tuhan menghancurkannya!... dan hal yang sama terjadi dengan Mesir, Tuhan berkenan mematahkannya oleh karena kecongkakannya! (Yehezkiel 30:6).

Melalui tema diatas kita dapat pelajari serta merenungkan beberapa hal penting, diantaranya:
1. Keangkuhan: Menganggap dirinya paling tinggi!.
Orang yang sombong dan angkuh selalu menganggap dirinya  paling hebat, paling baik, paling benar, paling top serta paling sempurna.
2. Keangkuhan: Menganggap orang lain paling rendah!. 
Orang yang congkak serta tinggi hati akan menganggap orang lain lebih rendah. Kecenderungannya selalu meremehkannya!.
3. Keangkuhan: Menganggap Tuhan bukan segalanya!.
Cenderung membatasi Tuhan dengan kepikirannya sendiri. Kurang percaya sepenuhnya kepada Tuhan!. 

Saudara yang terkasih, keangkuhan menjadikan kita cenderung untuk merendahkan orang lain dan kurang mempercayai Tuhan sepenuhnya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment