ORANG BENAR TIDAK PERNAH DITINGGALKAN (7)


Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; “ (Maz. 37:25 )

Orang benar dapat dipahami orang yang tidak salah, betul, lurus hatinya, tidak bohong , tidak palsu dll (KBBI;1998) pemahaman secara rohani orang benar adalah orang yang percaya kepada Kristus, orang yang sudah di benarkan melalui pengorbanan Tuhan Yesus di atas kayu salib, orang yang hidup dalam kebenaran Firman. Seperti apa yang tertulis di (Roma 6 : 18) menjadi hamba kebenaran , (Amsal 2 : 20) “ tempulah jalan orang baik dan peliharalah jalan-jalan orang benar “
Untuk  hidup dalam kebenaran apa yang perlu kita perhatikan dan bagaimana agar hidup kita dalam kebenaran  ?

1. Dengan segenap hati mentaati pengajaran yang telah di ajarkan oleh Firman Tuhan (Roma 6 : 17 ) Jika ingin berkenan di hadapan Allah dan hidup kita di berkati marilah dengan sungguh-sungguh kita taati firman Tuhan. Tanpa ketaatan kepada Allah kita tidak  akan bisa menjalani kehidupan dalam kebenaran.

2. Menyerahkan  anggota-anggota tubuh menjadi hamba kebenaran ( Roma 6 : 19 ) 
Kehidupan yang baik dan di benarkan oleh Allah adalah anugerah Allah. Jika hidup kita sudah dimerdekakan oleh Allah janganlah kita mau lagi di perbudak oleh dosa.

3. Membawa diri dalam kekudusan ( Filipi 4 : 8, roma 8 : 8 ). Mengapa harus menjaga kekudusan karena Allah itu kudus, tanpa kekudusan tidak seorangpun dapat melihat Tuhan.

Lalu apa berkat bagi orang benar itu ?
1. Tuhan menetapkan langkah-langkah orang benar (Mazmur  37 :23 ) langkah-langkah orang benar di tetapkan oleh Tuhan 
2. Apabila ia jatuh , tidaklah sampai tergelatak  ( Mazmur 37 : 24 ) kesadaran manusia bahwa manusia itu terbatas maka manusia membutuhkan Tuhan dikala manusia jatuh sekalipun tidak akan tergelak karena Tuhan menopang tangannya.
3. Tidak pernah di tinggalkan Tuhan ( Mazmur 37 : 25) orang benar selalu dipelihara Tuhan bahkan sampai keturunan orang benar tidak akan meminta-minta, artinya Tuhan yang mencukupi.
4. Anak cucunya menjadi berkat ( Mazmur 37 : 26 ) keturunan orang benar akan diberkati dan akan menjadi berkat dalam keluarga, gereja dan masyarakat di sekitar kita. (PS)

“ Orang benar akan mewarisi negeri “ Mazmur 37:29

No comments:

Post a Comment