JIKALAU DUNIA MEMBENCI KAMU (1)


"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. (Yohanes 15:18-19)

Minggu ini Berit membahas tema berkenaan dengan “Jika Dunia Membenci Kamu!”. Pernyataan Yesus yang tegas diungkapkan kepada murid-muridNya perihal sikap dunia yang membenci mereka. Hal ini sebagai peringatan yang harus diwaspadai agar kita selalu berjaga untuk tetap bersikap benar terhadap dunia. Apa yang dimaksud dengan dunia?....Apa sebenarnya dunia itu sendiri?. Sebuat tempat yang berada dibumi ini, dimana didalamnya manusia hidup dan beraktifitas. Tempat ini sudah terkena imbas dosa!. Sehingga didalam dunia ini penuh dengan keinginan daging, keinginan mata serta keangkuhan hidup (I Yoh. 2:16).

Ada pelajaran penting yang dapat direnungkan melalui tema diatas. Melalui nats tersebut kita dapat temukan beberapa alasan, mengapa dunia membenci sudara dan saya?.
1. Karena kita bukan berasal dari dunia!.
Setiap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan juruselamatnya, mereka lahir dari Allah... bukan dari dunia!. (I Yoh. 5:1). Paulus berkata, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, .....(Efesus 2:10). Maka, sekiranya kita berasal dari dunia, tentulah dunia akan mengasihii saudara dan saya.

2. Karena kita telah dipilih Allah dari dunia!. 
Dosa Adam dan Hawa mewarisi seluruh manusia yang ada didalam dunia!. FirmanNya, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemliaan Allah... sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, ... (Roma 3:25; Roma 5:12). Dan oleh kasih karunia kita telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Yesus Kristus (Roma 3:24). Hal ituah yang membuat dunia membenci  kita!. Karena saudara dan saya telah dipilih untuk menjadi anak-anakNya.(Yoh. 1:12). 

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, jikalau dunia membenci saudara dan saya...ingatah senantiasa bahwa sesungguhnya dunia sudah terlebih  dahulu membenci Yesus. Amin. NDP 

No comments:

Post a Comment