AMPUNILAH SEORANG AKAN YANG LAIN (5)


" Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.  ( Kolose 3:13 )

Mengampuni bukanlah perkara yang mudah. Ketika kita disakiti, difitnah, dikecewakan terkadang kita berat melepaskan pengampunan. Bahkan ada orang yang berkata “sampai matipun aku tidak mau mengampuninya”. Namun Paulus menjelaskan bahwa sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan harus mengampuni seorang terhadap yang lain sebagaimana dengan Yesus telah memberi teladan pengampunan kepada kita. Alkitab banyak berbicara tentang mengampuni. Mengapa setiap orang percaya harus mengampuni?
1. Mengampuni didalam doa Bapa Kami adalah syarat untuk diampuni Tuhan kesalahan kita
Satu kalimat yang termuat dalam doa Bapa Kami ini bukanlah sebuah kalimat yang biasa, melainkan punya makna penting untuk kita realisasikan dalam kehidupan kita. Berkenaan dengan Pengampunan maka ini jelas adalah bagian yang sangat penting bagi orang percaya.

2. Mengampuni adalah bukti bahwa kita telah lahir baru. Jika kita berkata mengasihi Tuhan namun masih sulit mengampuni, maka iman kita perlu dipertanyakan.
Jika kita hidup sebagai orang percaya, memiliki Iman didalam Yesus dan menjadikan Yesus sebagai cerminan kita dalam setiap perbuatan kita, maka salah satu bagian penting dalam teladanNya adalah Pengampunan. Dosa kejahatan kita, dan semua perbuatan jahat yang kita lalukan berada didalam kutuk dosa, namun karena BesarNya Kasih di dalam PengampunanNya memberi kita ruang dalam kehidupan baru dan menerapkan konsep pengampunan itu.

3. Mengampuni Menciptakan Kedamaian dan kerukunan 
Berkat didalam pengampunan itu sangat luar biasa, karena menciptakan rasa damai, menciptakan kerukunan bahkan hubungan dengan Tuhan pun semakin akrab. Belajar dari seorang Esau yang mau mengampuni Yakub saudaranya sehingga disana tercipta satu kedamaian, kebahagiaan yang luar biasa.

4. Mengampuni bermanfaat Mengurangi Stres 
Menurut ilmu kesehatan, salah satu manfaat dari mengampuni adalah mengurangi tingkatan stress,jarang merasa lelah, dan jauh dari depresi (sumber google.com). 
Biarlah melalui bagian bagian diatas kita boleh memahami bahwa betapa sangat pentingnya pengampunan itu. / Angel