KEANGKUHAN MERENDAHKAN ORANG (5)



" Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian. (Amsal 29:23)


Salah satu sifat manusia ketika manusia jatuh di dalam dosa adalah keangkuhan, keangkuhan sinonim dengan kesombonggan. Sifat angkuh dapat di pahami seseorang merasa paling/lebih  dari yang lain . 
Mengapa bisa terjadi keangkuhan ?
Penyebab terjadinya manusia memiliki sifat angkuh, karena manusia lebih mendengarkan suara Iblis dari pada suara Tuhan, manusia lupa akan jati dirinya bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan, manusia lebih mementingkan dirinya sendiri artinya segala sesuatu  berorientasi pada diri manusia itu sendiri, menganggap dirinya paling dari segala sesuatu.
Apa ciri-ciri orang yang memiliki keangkuhan ?
        Merasa dirinya lebih dari yang lain, senang merendahkan orang lain, sukar menerima masukan orang lain, tidak bisa ditegur meskipun salah karena dirinya paling benar, suka dipuji-puji, mengandalkan kekuatannya sendiri.  
Bagaimana dampak dari sebuah keangkuhan ?
        Hanya menimbulkan pertengkaran Amsal 13 : 10 “ Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasehat mempunyai hikmat “. Keangkuhan berdampak pertengkaran karena keangkuhan akan selalu menimbulkan sebuah gesekan karena ada pihak lain yang merasa direndahkan. Amsal 29 : 23 “Keangkuhan merendahkan orang tetapi orang yang rendah hati menerima pujian“.
       Akan direndahkan Yesaya 2 : 11 “Manusia yang sombong  akan direndahkan dan orang-orang angkuh akan ditundukkan dan hanya Tuhan sajalah yang maha Tinggi pada hari itu“, Yesaya 2 : 17 “Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan di rendahkan, hanya Tuhan sajalah yang maha tinggi “
       Dibenci Tuhan  Amsal 8 : 13 “ Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan, aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, “
Bagaimana kita harus hidup ?
Andalkan Tuhan :Yeremia 17 : 5-7 “Beginilah firman Tuhan” Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan, ia akan seperti semak bulus di padang belantara ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik, ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun di negeri padang asin yang tidak berpenduduk, diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan yang menaruh harapannya pada Tuhan “  
Carilah kerendahan hati :Zefanya 2 : 3  “ Carilah Tuhan, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukumNya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati mungkin kamu terlindung pada hari kemurkaan Tuhan.”
“ Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan kehormatan dan kehidupan “   Amsal 22 : 4 
(PS)

No comments:

Post a Comment