BERBALIK KEPADA ALLAH (6)



“Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar,"   ( 1Tes 1:9 )

Tema berit kita minggu ini membahas berkenaan berbalik kepada Alllah “1 Tes 1:9”. Jemaat yang diberkati oleh Tuhan apa yang menjadi ungkapan rasul Paulus sangat penting untuk kita pelajari dan kita renungkan sepanjang minggu ini. 

 Kata berbalik ini dapat kita mengerti dan dipahami sebab memiliki arti: berpaling, bertobat, insaf atau kembali kejalan yang benar dengan berjalan berbalik arah tanpa menegok kebelakang “meninggalkan kehidupan lama”, dan tentunya menuju kejalan Tuhan.  Oleh sebab itu ada beberapa point yang menjadi perenungan dan boleh memberkati kita sepanjang minggu ini. 
1. Berbalik dengan meninggalkan berhala-berhala didalam hidup kita (1Tes1:9a).  Berhala berati bertuhankan yang lain yang diluar Yesus.  apa yang kita percayai, kita pengang melebihi Tuhan Yesus itu disebut berhala. Tuhan mengatakan jangan berpaling kepada berhala sebab Akulah Tuhan Allahmu “Imamat 19:4”.  Penyembahan berhala tidak hanya menyembah pada nenek moyang dewa dan patung, tetapi hidup menurut daging “ Kolose 3:5” juga disebut berhala sebab itu menjauhkan kita dari Allah, orang yang menyembah berhala tidak mendapat kerajaan Kristus. Dalam Yehezkiel 14;6 dikatakan bahwa hendaklah bertobat dan meninggalakan berhala sebab itu adalah perbuatan keji. 

2. Berbalik untuk kita melayani Tuhan yang hidup dan yang benar (1Tes 1:9b). Dikatakan dalam Alkitab BIS bahwa melayani diartikan datang kepada satu-satunya Allah yang hidup untuk kita mengabdi kepadaNya. Buah dari penginjilan Paulus mendatangkan berkat dan kesaksian kepada jemaat di Tesalonika dimana oleh Paulus di sambut dengan baik.  Jemaat yang berbalik dan meninggalkan berhala kembali kepada Allah dan memilki kehidupan yang baru Efesus 4:21-24.  Dalam I Yoh 5:21 mengatakan kita harus waspada terhadap berhala, dan kita berbalik kepada Allah yang hidup dan benar...Amin.... “berman”

1 comment: