KESABARAN MENCEGAH KESALAHAN BESAR (1)


“Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."  (Pengkhotbah 10:4)

Minggu ini Berit membahas tema berkenaan dengan “Kesabaran mencegah kesalahan Besar”. Melalui nats diatas Salomo menegaskan pentingnya kesabaran. Kesabaran berasal dari kata dasar “sabar” merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Disisi yang lain sabar juga merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi serta mencerminkan kehormatan jiwa orang yang memilikinya.

Ada beberapa alasan dasar mengapa kesabaran dapat mencegah kesalahan besar. Dalam beberapa Amsal Salomo menulis sbb:
1. Orang yang sabar besar pengertiannya (Amsal 14:29). Kedewasaan dan kematangan dalam berpikir akan membuat sikap yang berhati-hai dalam bertindak!. 
Orang yang sabar akan memilki banyak pengertian. Pengertian akan menghasilkan tindakan yang arif dan bijaksana. Kedewasaan dan kematangan dalam berpikir akan membuat sikap yang berhati-hati dalam bertindak!. 

2. Orang yang sabar akan memadamkan perbantahan (Amsal 15:18).
Kesabaran akan mengalahkan kemarahan!. Orang yang sabar akan menghindari pertikaian. Perbantahan akan dijauhinya. Sebaliknya, keselamatan dan ketrentraman akan diprioritaskan. Orang yang sabar mampu untuk mengendalikan dari keinginan dan nafsunya, sehingga emosi dan kemarahan akan dijauhinya.

3. Orang yang sabar akanmemiliki kasih.
Paulus dalam suratnya untuk orang-orang  Korintus menegaskan bahwa kasih itu sabar !. Kasih dan kesabaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kasih akan menjadikan orang bisa menjadi sabar. Dan didalam kesabaran akan lahir tindakan kasih.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan. Kesabaran akan mencegah kesalah besar!. Sebab orang-orang yang sabar akan memiliki banyak pengertian, mampu memadamkan perbantahan serta memiliki perbuatan –perbuatan kasih. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment