KUASA IMAN (7)



Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" (Yoh.11:40)

Kuasa : Dari kata” ku-a-sa ” Kemampuan atau kesanggupan (untuk berbuat sesuatu KBBI ) Iman:  Sesudah kita menjadi orang Kristen kata yang sering kali kita dengar bahkan ucapkan adalah kata Iman, Tetapi banyak orang Kristen tidak dapat menjelaskan kata iman itu, hanya di jawab dengan kata percaya kepada Tuhan , kita kita boleh bertanya lagi percaya tentang apa ? yang Maha kuasa , agama lain juga mempercayai itu juga , dan orang Kristen hanya terdiam dan tidak menjawab karena memang tidak tahu yang sebenarnya , sehingga mereka tidak memiliki  iman yang benar dan tidak memiliki kuasa.
Inti surat ibrani adalah menjelaskan iman pada pasal 11 sering di sebut pasal iman. Melalui perikop ini yang kita sering baca maka kita akan mengerti apa itu iman, sehingga kita dapat hidup dengan Iman.

Ibrani 11 : 1 Menjelaskan iman secara pendahuluan yang betapa pentingnya iman, yaitu menjadi dasar dari pengharapan kita juga bukti dari apa yang belum kita lihat. Sebagai kesimpulan dari iman di jelaskan dari ayat 6 “ tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
Seperti apa yang menjadi tema berit minggu ini tentang” Kuasa Iman”  Yohanes 11 : 40 “Jawab Yesus “ Bukankah sudah kukatakan kepadamu: jikalau engkau  percaya engkau akan melihat kemulyaan Allah “

Dalam ayat ini kata iman di tulis dari kata percaya . Kata percaya dapat di artikan :
1. Dalam bahasa Indonesia kata iman adalah kata benda ( serapan bahasa Arab ) sedangkan kata kerjanya adalah Percaya, jadi dalam bahasa Indonesia Iman sinonim dengan kata  Kepercayaan ( kata Benda )
Percaya adalah kata Kerja  yang berarti: mengakui atau meyakini bahwa sesuatu benar atau nyata, benar-benar ada, yakin  bahwa seseorang itu jujur,.Bahasa Inggris dari kata Faith ini sinonim dengan kata believe
2. Bahasa ibrani dari kata Aman yang merupakan dasar. Yang mendasari kata –kata yang terkait dengannya  emun atau emunah,(kepercayaan/iman)  emet yang berarti keparcayaan ,atau keyakinan
3. Bahasa Yunani “pistis (iman)Pisteuo(percaya) pistos ( yakin ) berasal dari kata peito”
Jadi kata  Iman (kata Benda ) dan Percaya ( kata kerja ) adalah dua buah kata yang berhubungan yang memiliki pengertian  yang sama. Hanya kalau iman itu berbicara mengenai kesanggupan sedangkan kepercayaan itu berorientasi pada pengertian menerima bahwa sesuatu itu benar.
Lalu bagaimana Iman itu dapat berkuasa ?
Jawabannya sederhana Matius 17 : 20 “ Sekalipun kamu mempunyai iman sebesar biji sesewi saja kamu dapat berkata kepada Gunung ini : Pindah dari tempat ini kesana, maka gunung itu akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu “

Kemuliaan  Allah adalah jawaban-jawaban iman itu sendiri sehingga kita dapat berkata “ puji Tuhan , halleluyah “ Bersama Tuhan  cakap melakukan perkara – perkara besar . Amin(PS)

No comments:

Post a Comment