KESABARAN MENCEGAH KESALAHAN BESAR (7)




“Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."  
(Pengkhotbah 10:4)

Kesabaran merupakan salah satu aspek penting yang harus kita hidupi. Paulus menegaskan kepada orang-orang di Kolose, “sabarlah kamu seorang terhadap yang lain...” ( Kolose 3:13). Kesabaran dapat memberikan pengertian (Amsal 14:29), kesabaran juga dapat memadamkan perbantahan (Amsal 15:18).
Kesabaran juga merupakan salah satu dari buah Roh Kudus (Galatia 5:22). Kesabaran merupakan sifat dari kasih itu sendiri ( I Kor. 13:4). Pernyataan Salomo dalam Nats diatas memiliki beberapa pengertian penting yang dapat kita pelajari dan renungkan.

1. Kesabaran membuat orang berakal budi (Amsal 19:11a).
Akal budi menjadikan seseorang menjadi panjang sabar!. Mampu membedakan yang baik dan jahat. Bahkan menjadikan hidupnya menjadi arif dan bijaksana. Sanggup berpikir yang benar dan positif!.

2. Kesabaran membuat dipuji (Amsal 19:11b).
Dipuji karena orang tersebut mampu untuk memaafkan kesalahan. Pelanggaran apapun yang dilakukan oleh orang lain, tetap sanggup untuk memberi pintu maaf kepadanya.

3. Kesabaran membuat kepercayaan bertambah ( Amsal 16:32).
Orang semakin simpati serta rela untuk mempercayakan tugas-tugas kepadanya!. Kesabaran melebihi seorang pahlawan. Bahkan banyak kota akan direbutnya. Hidupnya semakin dipercayai oleh banyak orang. Penghormatan dan penghargaan akan diperolehnya melalui orang-orang disekitarnya.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus, marilah kita bersama membangun kesabaran diantara kita melalui keluarga, gereja serta masyarakat yang Tuhan percayakan kepada kita. Kiranya saudara dan saya dapat menjadi orang-orang yang sabar dihadapan Tuhan dan saudara kita. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment