KUASA IMAN (5)



Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati." 
Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" (Yoh.11:39-40)

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “KUASA IMAN”. Peristiwa kebangkitan Lazarus menjadi catatan penting untuk dipelajari dan direnungkan. Perkataan Yesus,” Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”. Merupakan respon Yesus atas keraguan Martha (“Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati. "). Yoh. 11:39b.

Ada 2 hal penting yang menjadi kunci, bagaimana kuasa iman itu dinyatakan.
1. Percaya pada kuasa Yesus!. (Yoh. 11:40).
Tidak bimbang... tidak ragu... sebaliknya, menyakini atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata. Dalam konteks nats diatas “yakin benar atau percaya jika Yesus mampu untuk membangkitkan Lazarus yang sudah empat hari mati. Secara etimologi kata “percaya” dalam bahasa sansekerta “pracoyo” yang diterjemahkan dalam bahasa Ingris “believe” atau “croire” dalam bahasa Prancis. 

2. Mentaati perintah Yesus! (Yoh.11:41).
Tindakan mereka untuk mengangkat batu yang menutupi kuburan Lazarus sebagai respon mereka atas ketaatannya kepada Yesus. Hal itu dilakukan sebagai respon atas perintah Yesus. Ketaatan mereka kepada Yesus.

Saudara yang terkasih, adakah kita percaya bahwa kuasa iman itu dapat membuat hal yang mustahil : menjadi tidak mustahil ?. Kuasa iman bisa menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dengan kita mau percaya dan mentaati perintahNya, maka kuasa iman itu akan menjadi dasyat. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment