KESABARAN MENCEGAH KESALAHAN BESAR (6)


“Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."  (Pengkhotbah 10:4)

Dalam istilah kesehatan ada istilah “lebih baik preventif dari pada kuratif” yang artinya lebih mencegah dari pada mengobati.”,Dalam istilah ini lebih cocok dengan tema minggu ini “ kesabaran mencegah kesalahan besar “
Arti kata Kesabaran :
Dari kata (ke-sa-ba-ran)  ajdjektiva ( kata sifat) dari kata sabar yang memiliki sebuah pengertian ; Tahan menghadapi cobaan(tidak lekas marah,tidak lekas putus asa,tidak lekas patah hati, tabah,tenang, tidak tergesa-gesa,tidak terburu nafsu, tidak pemarah ( KBBI )

Arti kata mencegah :
Dari pemenggalan kata ( men-ce-gah ) verbativ  merupakan kata kerja atau tindakan sebelum terjadi kata ini dari kata dasar cegah yang memiliki pengertian ; menahan agar tidak terjadi, merintangi, melarang,mengiktiarkan supaya jangan terjadi ( KBBI ).
Arti Kata Kesalahan Besar :
Pemenggalan kata dari ( ke-sa-lah-an ) Nomina (kata benda) perihal salah; kekeliruan; kealpaan (KBBI)

Bagaimana caranya kita dapat bersikap sabar?
1. Kita Harus Berjalan Dalam Ketaatan 
Ketaatan adalah sesuatu yang tidak mudah (mahal) karena butuh pengorbanan (korban perasaan , korban harga diri, korban waktu dll) namun ketaatan akan mendatangkan manfaat yang biasa: Ketaatan mendatangkan berkat yang besar ( lihat pengalaman Abraham di Kej. 22), Ketaatan mendatangkan Keselamatan ( lihat pengalaman Nuh Kejadian 6-9), Ketaatan mendatangkan Mujizat ( lihat pesta perkawinan di kana Yohanes 2), ketaatan mendatangkan keberhasilan (lihat pengalaman Yosua dlm Yos. 1: 8-9)
2. Memiliki Kehidupan Doa 
Dengan berdoa kita dapat menarik Kuasa Allah bekerja dalam kehidupan kita. Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya (Yak.5:16b)  Doa adalah jalan menghantar kita untuk bertemu dan berhubungan dengan Allah. Doa adalah kunci untuk merebut kuasa yang membawa Mujizat.  
[baca I Korintus 10:13]. Kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar [Pengkotbah 10:4].
3. Berfokus Pada Yesus 
Jika kita berfokus pada Yesus maka Dia segera mengulurkan tanganNya untuk memegang hidup kita dan meredakan setiap badai kehidupan. Oleh Karena itu apapun yang kita alami milikilah sifat sabar karena kesabaran akan berdampak dapat mencegah keasalahan besar, Esau tidak sabar kehilangan hak kesulungannya, Abraham tidak sabar sehingga melahirkan 2 bangsa, Simson tidak sabar sehingga mahal harga yang harus di bayar, Kain tidak sabar sehingga ia membunuh Habel . Jadi kesabaran itu penting bagi umat Allah. (PS)  

No comments:

Post a Comment