PERKATAAN TUHAN TIDAK AKAN BERLALU (6)



“Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.."  
(Markus 13:31)

Denisi Perkataan  ; sesuatu yg dikatakan:  dari kata dasar kata, kbbi
Perkataan Tuhan adalah Firman Allah 2 Timotius 3:16-17 “Segala tulisan YANG diilhamkan Allah memang bermanfaat UNTUK mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”  Matius 5:17-20 begitu pula 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Ayat 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. 5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. ιωτα - iôta adalah huruf Ibrani "YOD" atau "WAW", yang artinya "titik" dan garis kecil. huruf ini dalam tulisan Ibrani sering boleh saja dihilangkan.  selama belum lenyap langit dan bumi ini" artinya pada masa ini --> ini menunjukkan keabadian Taurat itu. dikontraskan dengan : "satu ιωτα - iôta atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi" Kata "ditiadakan": Yunani "παρελθη - parelthê' dari kata παρερχομαι - parerkhomai adalah kata yang sama dengan lenyap. "semuanya terjadi" : Yunani "γενηται genêtai" dari kata γινομαι - ginomai. Kata ini sering dipakai oleh Matius untuk sesuatu yang terjadi sebagai penggenapan nubuat (bandingkan dengan Matius 1:22, 21:4, 24:6, 26:54, 56). 

Tidak Akan Berlalu , Matius 24 : 34,”Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanki tidak akan berlalu”  , Markus 13 : 31,”  Lukas 21 : 33 ,Dari ayat ayat di ini menunjukkan bahwa Perkataan Tuhan (Firman Tuhan Itu Ya dan Amin )

Oleh Karena sebagai anak-anak Tuhan yakinkan pada diri kita bahwa janji Tuhan itu sempurna ya dan amin maka jangan kita ragu dan bimbang sebab Tuhan itu maha  mengerti dan memahami apa dialami umatNya,  karena Tuhan itu  hendaklah kita tetap setia kepada Tuhan . (PS)

No comments:

Post a Comment