KESABARAN MENCEGAH KESALAHAN BESAR (2)


“Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."  (Pengkhotbah 10:4)


Memang kesabaran diperlukan setiap saat. Karena dengan kesabaran kita dapat menguasai diri, menguasai situasi. Dengan demikian kita mampu untuk mengatasi semua hal dengan baik. Kesalahan besar juga akan terhindar jika kita mampu bertahan dengan sabar. Beberapa hal penting berkenaan dengan kesabaran

PENGUASA DAPAT DIYAKINKAN Ams 25:15  Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang.Ini merupakan pengetahuan yang penting bahwa melalui kesabaran hikmat akan berjalan dengan lancar dalam pikiran kita, sehingga dapat memberikan memberikan keyakinan kepada orang lain. Dalam konteks Firman kepada Penguasa sekalipun.

TEGORLAH DAN NASIHATILAH 2Tim 4:2  Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Dalam menegur dan menasihati orang lain, anak atau suami atau istri atau siapapun mereka, butuh adanya kesabaran sehingga apa yang kita katakan akan punya kwalitas untuk merubah seseorang sesuai nasehat Firman Tuhan. jangan sampai setiap perkataan kita sia-sia adanya.

Setiap kesalah ada akibat atau konsekuensi yang akan menjadi tanggungan kita sendiri. Demikian Firman Tuhan  Kol 3:25  Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang. Sebab itu mari kita berhati-hati dengan setiap keadaan yang terjadi sebab kesabaran harus mengambil peran penting dalam menghadapi semua yang terjadi. Amin(LGS)

No comments:

Post a Comment