KUASA IMAN (3)



Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" (Yoh.11:40)

Jemaat yang diberkati oleh Tuhan kita Yesus kuasa iman ini dimulai dari kisah Lazarus yang sudah mati selama 4 hari (Yoh 11:39). Yang dibangkitkan oleh Tuhan Yesus. Maka pertanyaanya apa yang membuat Lazarus bisa bangkit dari kematian. Kebangkitan Lazarus tidak lain karena iman saudara perempuanya Maria dan Marta. Maka ada beberapa hal yang akan bisa kita renungkan berkenaan kuasa iman. 

1. Dengan iman kita dapat  melihat kemuliaan Allah dinyatakan (Yoh 11:40).  Yesus tahu dan mengerti bahwa Lazarus bukan tertidur melainkan Lazarus sudah mati (ayat 13).  Tetapi Yesus sengaja tinggal dua hari lagi dimana Dia berada (ayat 6). Maksud dari Yesus supaya semua orang melihat kemuliaan Allah dinyatakan melalui kematian Lazarus. Secara manusia empat hari adalah waktu yang cukup lama untuk seorang mayat akan berbau busuk dan tidak ada harapan seorang mati itu akan bangkit. Tetapi yang perlu kita garis bawahi pada point pertama ini  kata percaya sama seperti iman Maria dan Marta.  Jika kita ingin melihat kemuliaan Allah dalam hidup kita tidak lain dengan kita percaya kepada Allah yang hidup.

2. Dengan iman kita dapat melihat betapa besar kuasa Allah (Yoh 11:44). Tidak saja kuasa Allah yang dinyatakan dalam hidup kita kuasa iman itu juga yang akan membawa kita kepada  mujizat demi mujizat asalkan kita percaya dan nyakin bahwa Tuhan kita Yesus saja yang mampu untuk melakukan mujizat itu (ayat 42). Kuasa iman itu hanya dapat kita temukan dan kita rasakan didalam Yesus. Pada akhirnya kisah ini kuasa Yesus dinyatakan dengan bangkitnya Lazarus dari kubur. Mari kita serahkan iman kita kepada Yesus. 

3. Dengan iman kita dapat memperoleh kehidupan kekal (Yoh 3:16). Yesus yang mampu dan bisa membawa kita kepada keselamatan yang kekal. Akulah jalan dan hidup (Yoh 14:6) diluar Yesus tidak ada jalan menuju keselamatan dan Yesus menggambarkan DiriNya sebagai kebangkitan dan hidup diluar Yesus tidak ada kehidupan...Amin (Be)

No comments:

Post a Comment