KESABARAN MENCEGAH KESALAHAN BESAR (4)


“Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."  (Pengkhotbah 10:4)

Puji nama Tuhan kita Yesus Kristus, minggu ini gereja kita membahas sebuah tema berkenaan dengan kesabaran mencegah kesalahan besar. Kata sabar lebih mudah kita pahami sebagai tetap bersikap tenang dan menjaga hidup untuk tidak marah. Jemaat yang diberkati Tuhan kesabaran penting untuk kita miliki dalam hidup ini. Untuk kita menjadi orang yang sabar tidaklah gampang karena tiap-tiap  kali kita akan diperhadapkan dengan masalah yang membuat kita menjadi tidak sabar. Ada beberapa hal yang akan kita pelajari dari tema kita minggu ini. 
1. Kesabaran mencegah amarah yang menimbulkan masalah- masalah besar (Pengk 10:4)
Dalam point pertama ini yang kita perlu lakukan adalah dengan hati yang sabar kita mendengan amarah penguasa tersebut. Sebab jika dengan amarah kita lawan akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi sebagi contoh api tidak bisa dipadamkan dengan minyak yang terjadi adalah api semakin besar maka untuk memadamkan api tersebut tidak lain dengan air sama halnya amarah tidak bisa dilawan dengan amarah melainkan hanya dengan kesabaran. Dengan kita tidak meninggalkan tempat amarah penguasa tersebut  kita sedang mencegah masalah yang lebih besar yang akan menimpa kita.
2. Kesabaran memaafkan kita dari masalah-masalah besar (BIS Pengk 10:4).  
Point kedua menarik dalam bahasa Indonesia sehari-hari dikatakan disini jika dimarahi oleh penguasa jangan meminta berhenti berkerja (meninggalkan tempat) biarpun kesalahmu besar kamu akan dimaafkan bila tenang dan sabar.  Dengan kesabaran kita diampuni sebab sabar itu adalah bagian dari kasih (1Kor 13:14). 
Mengapa kita perlu bersikap sabar? 
1. orang sabar melebih seorang pahlawan (Amsal 16:32)
2. orang sabar memadankan perbantahan (Amsal 15:8)
3. orang sabar adalah bijaksana orang lekas naik darah (Amsal 14;17)  
4. Kesabaran itu salah satu dari buah-buah  roh (Galatia 5:22)
Jemaat yang diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus mari kita bersama untuk miliki sikap bersabar untuk mencegah amarah yang menimbulkan masalah-masalah lebih besar terjadi Amin.....(Be)

1 comment: