HATI YANG MEMUJI DAN MENYEMBAH (1)



“Lalu Ezra memuji TUHAN , Allah yang Maha Besar , dan semua orang menyambut dengan “ Amin,amin!” sambil mengangkat tangan, kemudian mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah “Nehemia 8 : 7

Memuji dan menyembah Tuhan merupakan perintah Tuhan!. Setiap orang diharapkan untuk dapat senantiasa memuji dan menyembahNya! Firman-Nya, “Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air." (Wah 14:6-7). 

Kata “sembah” dipakai kata “hawah” (dalam septuginta LXX) dipergunakan kata Proskuneo”. Yang berarti “sembah” atau “sujud menyembah”. (gambarnya seperti seseorang yang menundukkan kepalanya sampai ketanah). Dipergunakan dalam Perjanjian Lama + 170 kali. 
a 52  kali dilakukan terhadap manusia (Kej 33:3; 43:12...)
a 63 kali dilakukan terhadap Tuhan (Kel 33:10, 1 Sam 1:3).
a 55 kali terhadap penyembahan dewa (2 Raja 5;18). 
Jadi pengertian dari “hawah” adalah suatu tindakan/ kegiatan yang patut dari seseorang yang datang dengan penuh kesadaran kepada hadirat Tuhan. 

Alkitab mencatat beberapa peristiwa berkenaan dengan hati yang memuji dan menyembah.
1. Para Gembala (Luk 2:20). 
Setelah mereka melihat bayi Yesus dan kemudian pulang... di sepanjang jalan mereka memuji dan memuliakan Allah, karena semua yang mereka dengar dan lihat, semua sesuai dengan apa yang diberitakan malaikat kepada mereka.
2. Para Majus (Mat 2:10-11). 
Sukacita besar dari para majus setelah melihat tanda bintang itu! Lalu mereka masuk ke kandang dan melihat bayi Yesus. Para majus itu sujud menyembah Yesus. Mereka sadar bahwa bayi yang lahir itu adalah Raja diatas segala raja!. 

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, marilah dengan hati yang tulus dan ikhlas kita memuji dan menyembah Tuhan.  Sebagaimana para majus dan gembala datang bertemu dengan bayi Yesus. Mereka memuji dan menyembah, sehingga sukacita dan damai sejahtera Tuhan dilimpahkan kepada mereka. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment