HATI YANG MEMUJI DAN MENYEMBAH (7)



“Lalu Ezra memuji TUHAN , Allah yang Maha Besar , dan semua orang menyambut dengan “ Amin,amin!” sambil mengangkat tangan, kemudian mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah “Nehemia 8 : 7


Jemaat yang diberkati Tuhan, Memuji dan menyembah Allah merupakan sebuah hal yang patut untuk kita lakukan sebagai umat Allah. Nabi Ezra memuji dan menyembah Allah dan semua umat berkata amin..amin, artinya umat itu  sadar bahwa ada Tuhan yang luar biasa, demikian dengan hidup kita. Maka pertayaannya apa yang membuat hati mereka memuji dan menyembah Tuhan? Maka ada beberapa point yang saya ingin bagikan.
a. Sebab Dia Allah yang Maha Besar (Neh 8:7a).  Firman Tuhan mengatakan bahwa Dia Allah  yang maha besar baiklah seluruh umat memuji dan menyembah Allah. Dalam “Mazm 96:4” dikatakan Dia Allah yang sangat terpuji, Dia Allah yang dahsyat melebihi segala allah, Inilah yang menyadarkan kita sama seperti nabi Ezra bahwa Dia Allah yang Maha Besar. 

b. Sebab Dia layak menerima pujian dan penyembahan kita (Neh 8:7b). Umat itu mengerti dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan Taurat Tuhan (Neh 8:4) sehingga umat itu mulai sadar dengan mengangkat tangan, sujud menyembah bahwa Allah yang Maha Besar itu layak untuk menerima pujian dan penyembahan. “Wahy 4:11” sebab Dia layak menerima puji-pujian, hormat dan kuasa sebab Dia yang menciptakan segala sesuatu. 

Mengapa kita perlu memberikan hati kita untuk menyembah dan memuji Tuhan?
a. Supaya kita hidup dalam Persekutuan Allah (1 Kor 1:9): hati yang memuji dan sujut menyembah Tuhan membuktikan bahwa kita hidup dalam persekutuan  dengan Allah. Dengan kita mengangkat tangan dan sujud menyembah Tuhan membuktikan bahwa kita menghormati dan mengagungkan Tuhan yang luar biasa  dalam hidup kita. 

b. Sebab Tuhan itu baik (Maz 34:9). Kita hidup dalam kemurahan Tuhan, kita merasakan kasih Tuhan, dan kita melihat perbuatan  tangan Tuhan yang ajaib disepanjang hidup kita oleh sebab baiklah kita bersyukur kepada Tuhan dengan mengangkat tangan   dan sujud menyembah sebab Dia Tuhan yang baik. Amin.. (Be)...

No comments:

Post a Comment