ROH PENURUT DAGING LEMAH (3)



“Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: 
roh memang penurut,  tetapi daging lemah."  Mat 26:41


Hidup manusia itu terdiri dari tubuh, jiwa dan roh ( I Tes.5:23). Tuhan menciptakan semuanya itu sempurna!. Istilah yang dipakai menurut gambar dan rupaNya (Kej. 1:26). Namun ketika manusia jatuh ke dalam dosa, gambar dan rupa Allah itu menjadi rusak. Bahkan tubuh, jiwa dan roh manusia menjadi terbatas, lemah, kalah dan mati!

Teguran Yesus kepada murid-muridnya sebagai suatu peringatan untuk mereka mau menyadari jika roh mereka itu penurut dan daging mereka juga lemah! 
Ada yang dapat kita pelajari serta renungkan melalui tema diatas
1. Berjaga-jagalah!
Yesus meminta kepada para muridnya untuk selalu mau waspada dan berjaga-jaga. Yesus berharap mereka senatiasa siap sedia dan tidak menjadi lengah. Memproteksi diri dengan kuasa Roh Kudus dan FirmanNya sehingga mereka tetap kuat dan teguh... tidak jatuh ke dalam perangkap pencobaan si Iblis. Artinya harus setiap saat dan wktu untuk terus berjaga-jaga.
2. Berdoa!
Yesus memberikan contoh dan teladan yang kongkrit kepada murid-muridNya. Yesus mengajak mereka pergi ke taman Getsemani untuk berdoa. Pergumulan Yesus yang besar dan berat ditanggapi dengan sikap berdoa kepada Bapa. Doa menjadi sarana yang ampuh untuk tidak terkena tipu daya Iblis. Ketika kita berdoa, maka kekuatan Tuhan menyertai kita. Kita dijauhkan dari pikiran yang negatif dan jahat. Yesus mau murid-muridNya bangun dari tidur untuk berdoa. Hal itu supaya murid-murid tidak jatuh kedalam pencobaan.

Saudara yang terkasih, roh memang penurut dan daging itu lemah!.  Hanya dengan berjaga-jaga dan berdoa, maka saudara dan saya tidak akan jatuh kedalam pencobaan. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment