HATI YANG MEMUJI DAN MENYEMBAH (4)


“Lalu Ezra memuji TUHAN , Allah yang Maha Besar , dan semua orang menyambut dengan “ Amin,amin!” sambil mengangkat tangan, kemudian mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah “Nehemia 8 : 7

Minggu ini berit membahas tema berkenaan dengan “Hati Yang Memuji dan menyembah”. Kata memuji berasal dari kata dasar “puji” yang berarti “melahirkan kekaguman dan penghargaan kepada sesuatu (yang di anggap baik, indah, gagah berani, dsb). Pada umumnya kata memuji berarti memuliakan nama Tuhan dan memuji kebesaran Tuhan!. (versi KBBI). 
Sedang kata “Menyembah” berasal dari kata dasar “sembah” yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai makna: 1. Pernyataan hormat dan hikmat (dinyatakan dengan cara menundukkan/meletakkan kepala sampai ketanah). 2. Sikap yang ditujukan kepada seseorang/pribadi yang muliakan. Biasa dilakukan juga kepada seorang raja, dimana abdi raja menangkupkan kedua belah tangan atau menyusun jari sepuluh, lalu mengangkatnya kebawah dagu atau dengan menyentuh ibu jari ke hidung. 
Ada yang penting yang harus diperhatikan dalam memuji dan menyembah. 
1. Didasari dengan hati yang patut/layak!. 
Dimulai dari hati yang ihklas, tulus dan sukacita. Tidak dengan terpaksa atau munafik. Dengan segenap hati kita memberikan penyembahan kepada Tuhan!.
2. Didasari adanya kegiatan/ yang patut!.
Kita percaya bahwa apa yang kita lakukan dengan hati yang memuji dan menyembah Tuhan tersebut merupakan tindakan yang patut. Patut kepada Tuhan, karena hal itu merupakan bagian kehendakNya. Dan patut dihadapan manusia, karena apa yang kita lakukan tidak merugikan orang lain.
3. Didasari adanya kondisi/ keadaan yang patut!. 
Kita percaya bahwa ditengah-tengah memuji dan menyembahNya hadirat Tuhan itu turun dan memberkati saudara dan saya. Tuhan berkenan hadir untuk menjawab serta melawat umatNya. 
Saudara  yang terkasih dalam Tuhan marilah dengan hati yang tulus dan ikhlas kita bersama   untuk memuji dan menyembah Tuhan. Kiranya Tuhan berkenan untuk setiap pujian dan penyembahan kita. Amin. NDP..

No comments:

Post a Comment