ROH PENURUT TAPI DAGING LEMAH (4)



Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Mat 26:41  


Tuhan Yesus mengingatkan kepada Petrus dan murid-muridNya yang lain, juga kepada kita semua orang-orang percaya bahwa didalam diri kita sekalian, ada potensi yang besar untuk gagal atau jatuh ke dalam pencobaan, apabila kita sekalian tidak berjaga-jaga dan berdoa, hidupnya menurut daging dan tidak hidup menurut Roh?. Roma 8:13 berkata: “Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.” Ada 2 murid Yesus yang gagal dan jatuh menjadi pengkhianat kepadaNya. Yang pertama adalah Yudas menjual Yesus dengan 30 keping uang perak, dan akhirnya memilih hidup untuk bunuh diri. Yang kedua adalah Petrus menyangkal Yesus sampai 3x dengan berkata bahwa ia sama sekali tidak mengenal Yesus. Namun akhirnya Petrus memilih hidup untuk berubah dan mau diubahkan. 
Petrus menjadi orang yang setia berdoa.
Pada waktu Petrus mendengar tentang kebangkitan Yesus, Petrus langsung berlari ke kubur Yesus. Petrus yakin bahwa dirinya masih punya kesempatan untuk memperbaiki semua, serta mendedikasikan hidupnya sungguh-sungguh kepada Yesus. Kemudian Petrus juga menyaksikan Yesus naik ke sorga. Petrus semakin yakin bahwa Yesus adalah Tuhan yang berkuasa atas maut. Sejak saat itu Petrus menjadi pendoa yang setia. Petrus menggabungkan diri dengan murid-muridNya yang lain, serta perempuan-perempuan saleh untuk bedoa (Kisah 10:9).
Petrus penuh dengan roh Kudus. 
Sesudah hari Pentakosta Petrus yang tadinya pernah menyangkal Yesus karena takut, ragu-ragu, setelah penuh dengan Roh Kudus, kini menjadi seorang pemberani, dan tanpa rasa takut, berkhotbah dihadapan tua-tua Yahudi, ahli-ahi taurat dan Imam Besar. Dengan suara nyaring Petrus berkata kepada mereka ; “Hai kamu orang Yahudi, dan kamu semua  yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini: “bahwa Yesus yang kamu tolak dan kamu serahkan dan kamu bunuh dan kamu salibkan itu, Dia telah bangkit dari antara orang mati dan naik ke sorga”. Karena itu sadarlah dan bertobatlah, dan 3000 jiwa diselamatkan.

Pelayanan Petrus selalu disertai dengan mujizat ini merupakan bukti bahwa Tuhan bisa memakai siapa saja yang hidupnya mau berubah, tidak hidup mau menurut daging tapi hidup menurut Roh. Supaya Tuhan bekerja didalam hidup kita menjadi alat kemuliaanNya, sebagai mana Petrus yang dipakai Tuhan dengan luar biasa. (BS)

No comments:

Post a Comment