ROH PENURUT DAGING LEMAH (2)



Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Mat 26:41


Lebih mudah roh kita menuruti kebenaran dan ikut dalam pimpinan Roh Kudus, dari pada tubuh kita yang melaksanakan. Karena manusia cenderung melakukan apa yang menurut dirinya nyaman dan terjamin, memuaskan dari pada yang sedikit sulit, makan waktu dan sebagainya. Beberapa nas berikut mengajarkan kepada kita keberadaan roh dan daging.

KEINGINAN DAGING BERLAWANAN DENGAN KEINGINAN ROH Gal 5:17  Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging  —  karena keduanya bertentangan  —  sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Roh kita lebih mudah menuruti keinginan Roh kudus, dari pada tubuh kita. Sebab tubuh kita yaitu kedagingan kita, berhubungan dengan hawa nafsu dan keinginan kita sendiri. Kita harus benar-benar menyadari keberadaan kita setiap waktu, apakah kita sedang menuruti nafsu kita atau sedang dengar-dengaran pada perkataan Roh kudus. 


ROH MENYUKAI, DAGING TAWANAN DOSA  Rm 7:23  tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku. Ayat ini memperjelas apa yang menjadi kenyataan berlangsung dalam kehidupan kita. ada kuasa- kuasa yang menentang dan melawan akal budi kita untuk jatuh dalam hukum dosa.

Memang hal yang selamanya harus kita jalankan adalah berjaga-jaga dan berdoa senantiasa, ini perintah Tuhan Yesus bagi kita sebagaimana teladan yang diberikan pada saat Tuhan Yesus akan diserahkan ketangan orang berdosa di Getsemani. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment