ROH PENURUT DAGING LEMAH (7)



Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Matius 26 : 41


Berit minggu ini “Roh Penurut Daging Lemah“ dalam tema ini dapat di jelaskan seperti apa yang telah disampaikan Tuhan Yesus kepada murid-muridnya Tuhan Yesus tahu persis bahwa daging merupakan setiap kelemahan yang menjadi masalah bagi semua manusia. Di taman Getsemani sesaat sebelum Yesus ditangkap, kita menyaksikan gambaran rentannya manusia dikuasai kedagingan. Berkali-kali Yesus mendapati murid-muridNya sulit berjaga-jaga. Mereka lengah dan kembali tertidur, tidak sanggup berjaga bahkan satu jam sekalipun. (Matius 26:41). Begitu pula dalam berbagai aspek kehidupan ini seringkali tidak bisa dipisahkan dari kita, sehingga semakin besar pula resiko kita untuk kembali jatuh meski kita sudah membulatkan tekad secara sungguh-sungguh untuk berubah. 

Lalu bagaimana kita bisa menjadi kuat ?
1. Hidup yang di pimpin oleh Roh Kudus.
Paulus mengingatkan dengan jelas pentingnya sebuah kehidupan yang dipimpin oleh Roh agar kita mampu mengatasi keinginan daging. Bacalah Galatia 5:16-26 (ay 16-17). Adalah penting bagi kita untuk menyalibkan daging lengkap dengan segala hawa nafsu dan keinginan yang meliputinya. (ay 24). Roh Allah sebenarnya sudah memberikan kepada kita sebuah hidup yang baru, oleh sebab itu jangan beri kesempatan lagi kepada daging untuk menguasainya. 
2. Bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci ( Yudas 1 : 20-21)
3. Berdoalah dalam Roh. Sembahlah Allah dalam roh dan kebenaran. (Yoh. 4:23-24).  
Bukan hanya berdoa bagi diri kita sendiri, tapi juga kepada semua umat Allah agar kita semua saling dikuatkan. (Efesus 4:18). Godaan akan selalu datang. Itu tidak bisa kita hindari, namun bisa kita atasi. 
4. Jangan tertidur, tapi tetaplah berjaga-jaga dan sadar. (1 Tesalonika 5:6). Selalulah tekun untuk berjaga-jaga dan berdoa, dan lengkapi diri kita senantiasa dengan pedang roh, yaitu firman Tuhan. 

Jadi untuk menjadi kuat didalam Roh kita harus hidup kita di pimpin oleh Roh Kudus, membangun diri di atas iman yang suci, beroalah dalam Roh dan jangan tertidur . (PS)

No comments:

Post a Comment