ROH PENURUT DAGING LEMAH (6)



Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." ( Matius 26:41)


Jemaat yang diberkati oleh Tuhan minggu ini kita merenungkan sebuah tema berkenaan dengan Roh memang penurut daging lamah (Matius 26:41). Apa yang menjadi ungkapan Yesus tentang Roh memang penurut daging lamah, maka ada beberapa point yang boleh kita renungkan minggu ini.
1. Sadari bahwa roh kita penurut tetapi daging kita lemah (Matius 26:41). 
Jelas dalam kisah ini Yesus mengerti dan sadar bahwa roh yang dimiliki Petrus dan anak Zebedeus penurut akan apa yang diperintahkan Yesus kepada mereka berdua untuk berjaga-jaga. Petrus dan anak Zebedeus sudah berjaga-jaga tetapi kenapa mereka tertidur, maka  pertanyaannya apa yang membuat mereka tertidur? Dan jawabannya adalah daging mereka yang lemah yang sudah capek dan mengantuk sehingga  mereka berdua tertidur. 
Apa yang terjadi ketika kita tidak Sadari bahwa roh kita penurut tetapi daging kita lemah? Maka yang terjadi kita jatuh kedalam pencobaan. Pencobaan disini adalah jatuh dalam jerat dosa. Maka kita harus sadar kita jangan mengandalkan kekuatan kita sendiri tetapi mengandalkan Roh Kudus dalam hidup kita. 

2. Apa yang harus kita lakukan agar kita tidak jatuh dalam pencobaan (Matius 26:4)
       1. Sadar bahwa kita perlu berjaga-jaga Matius 26:38,40,41). Kata berjaga-jaga disini adalah sebuah kesadaran atau kepekaan. Kalau kita sudah sadar dan peka maka kita akan meliki hikmat dan dalam mengambil sebuah keputusan bernar atau salah tentang apa kita lakukan. kata berjaga-jaga di ungkapkan sebanyak 3 kali artinya sangat penting. 
       2. Sadar kita perlu berdoa senantiasa (1 Tes 5:17). Selain Yesus berjaga-jaga atas diriNya Yesus juga berdoa kepada Bapa. Sama dengan Yesus kekuatan kita hanya doa agar kita tidak jatuh kedalam pencobaan akan dosa. Orang suka berdoa akan semakin peka tetapi orang yang sedikit berdoa akan jatuh dalam pencobaan.... (Be )

No comments:

Post a Comment