ROH PENURUT DAGING LEMAH (1)




“Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: 
roh memang penurut,  tetapi daging lemah." 
Mat 26:41

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “ROH PENURUT, DAGING LEMAH”. Seminggu menjelang penyalipan, Yesus mengajak murid-muridNya berdoa dibukit Getsemani. Ditengah-tengah Yesus berdoa, murid-muridNya malah tertidur. Yesus menegur mereka, : "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?”.

Yesus mengingatkan kepada mereka jika roh manusia penurut, artinya mudah untuk mengikuti daging kita. Roh kita cenderung untuk tunduk kepada keinginan daging dari pada keinginan Roh Kudus. Begitu juga dengan daging kita. Daging kita sangatlah lemah!. Hal itu karena dosa yang sudah menguasai daging ini. Dan setiap orang yang hidup menurut daging hanya memikirkan hal-hal yang dari daging... (Roma 8:5). Dan juga keinginan daging merupakan perseteruan terhadap Allah!. (Roma 8:7). Kecenderungan dari keinginan daging adalah tidak takhluk kepada hukum Allah. 

Untuk itulah Yesus menegur kepada murid-muridNya untuk senantiasa waspada dan berjaga-jaga. Terlebih mau untuk berdoa supaya mereka jangan sampai jatuh ke dalam pencobaan.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus, roh itu memang penurut dan daging itu memang lemah. Marilah kita mau selalu menjaga roh dan daging agar tidak menjadi berdosa!. 

Rasul Paulus dalam suratnya di Galatia menulis tentang perbuatandaging : percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan.... (Galatia 5:19-21). Amin. NDP

2 comments: